Teknologi Wajib Dikuasai Bagi Web Developer 2021

Web developer adalah salah satu pekerjaan yang miliki tugas untuk dapat membuat website yang memiliki fungsi yang baik. Perbedaannya dengan web designer adalah untuk bagian ini hanya membuat desain website sedangkan web developer harus membuat fungsi website dapat berjalan dengan baik. Jika Anda bekerja sebagai WordPress hosting atau web developer, maka ada beberapa teknologi yang wajib Anda kuasai.

Teknologi yang harus dikuasai oleh developer website bertujuan agar fungsi dalam website dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu bagi Anda yang bercita-cita menjadi pengembang website, minimal Anda bisa mengusai teknologi yang akan dijelaskan di bawah ini. Perhatikan dengan baik agar Anda mampu mendapatkan informasinya.

Kuasai Teknologi Web Developer untuk Pembuatan Website

Adapun beberapa teknologi yang bisa Anda pelajari agar website yang Anda buat memiliki fungsi dan fitur yang beragam. Mempelajari teknologi ini membuat Anda menjadi lebih siap lagi saat menjadi pengembang website. Apa saja teknologi yang harus Anda kuasai? Berikut ini adalah penjelasan ringkasnya untuk Anda.

  1. Teknologi Browser

Browser adalah salah satu software yang dapat membuat orang dengan mudah menemukan website dan termasuk website yang Anda buat. Memahami browser akan membuat Anda menjadi lebih baik lagi dalam membuat website. Hal ini dikarenakan tampilan dan fungsi website akan sangat berpengaruh dengan browser yang digunakan.

Pastikan Anda mempelajari browser yang terkenal untuk kemudahan Anda dalam pembuatan website. Adapun teknologi browser yang bisa Anda pelajari seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera. Dengan Anda mempelajari teknologi ini, maka Anda akan dapat dengan mudah membuat website.

  1. Bahasa Pemrograman HTML dan CSS

Setelah mempelajari tentang browser, maka selanjutnya yang harus Anda kuasai adalah bahasa pemrograman HTML dan CSS. HTML adalah bahasa program yang akan ditampilkan dalam sebuah browser. Kemudian untuk mempelajari HTML maka Anda harus mengetahui pula CSS.

CSS atau dikenal dengan Cascading Style Sheet merupakan elemen yang ada pada HTML. Sehingga jika ingin membuat HTML, maka Anda harus menguasai CSS. Pada penguasaan CSS Anda dapat belajar membuat efek pada teks, membuat transisi halaman, dan lain sebagainya. Ini adalah ilmu dasar yang harus dikuasai oleh Web Developer.

  1. Framework untuk Permudah Pengembangan Website

Framework harus bisa Anda kusai untuk Anda yang sedang belajar Web Developer. Pada dasarnya framework adalah sebuah alat yang menyederhanakan dalam pembuatan website. Intinya dengan menggunakan framework, maka tugas seorang web developer akan lebih mudah dalam pengembangan sebuah website.

Ada berbagai macam framework yang bisa Anda gunakan. Untuk informasi berbagai macam framework bisa Anda ketahui dengan membaca penjelasannya melalui internet. Framework nantinya akan dicocokkan pada bahasa pemrograman dalam pembuatan sebuah website.

  1. Bahasa Pemrograman

Untuk bahasa pemrograman yang dipelajari ini harus disesuaikan dengan framework yang Anda gunakan. Pada dasarnya terdapat berbagai macam bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari, namun teknologi ini harus dipelajari bersamaan dengan framework

Misalnya saja jika ingin membuat WordPress hosting, maka bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP. Nah, jika Anda memilih framework WordPress maka Anda harus mempelajari bahasa pemrograman PHP. Begitu juga dengan bahasa pemrograman lainnya harus Anda kuasai berbarengan dengan framework yang cocok untuk bahasa tersebut.

  1. Application Programming Interface

Teknologi ini disebut dengan API memiliki fungsi agar pengembang website dapat menggunakan berbagai macam fungsi dalam sebuah aplikasi tanpa membagikan kodenya. Pada akhirnya para pengembang website akan mengontrol API dengan API Key pada sebuah website dan membuatnya bekerja dengan baik tanpa adanya halangan.

  1. Data Format

Bagian teknologi akhir yang harus dikuasai adalah penyimpanan sebuah data tang terstruktur dan biasanya disebut dengan data format. Ada 3 jenis data format yang bisa Anda gunakan yaitu JSON, XML, dan CSV. Data format ini memiliki fungsinya masing-masing yang harus Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Itulah penjelasan tentang teknologi yang wajib dikuasai oleh para web developer. Anda bisa mempelajarinya dengan detail sehingga bisa membuat WordPress hosting.