Kunjungi Bangunan Tua Bersejarah Di Indonesia

Jika Anda ingin menikmati perjalanan wisata yang berbeda dengan sebelumnya, cobalah untuk menikmati perjalanan wisata ke bangunan tua bersejarah yang ada di Indonesia. Ada banyak sekali bangunan tua bersejarah yang bisa Anda kunjungi dengan menggunakan layanan jasa travel Malang Surabaya. Penasaran dengan mana saja bangunan tua bersejarah yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Berikut ulasannya.

Rekomendasi Bangunan Tua Bersejarah yang Bisa Anda Kunjungi di Indonesia

Mengunjungi bangunan tua bersejarah bukan hanya bermanfaat untuk napak tilas sejarah yang tersimpan di dalamnya saja. Namun hal itu juga bisa memberikan satu hikmah bahwa ada banyak hal yang diperjuangkan masyarakat Kita untuk mendapatkan kemerdekaan yang saat ini tengah Kita nikmati.

Di bawah ini ada beberapa bangunan tua bersejarah yang sudah berdiri dari sejak zaman penjajahan atau kemerdekaan dan masih digunakan hingga saat ini serta bisa Anda kunjungi bersama jasa travel Malang Surabaya.

  1. Hotel Indonesia

Bangunan Hotel yang diresmikan oleh Presiden pertama RI Ir. Soekarno pada tahun 1962 ini menjadi bangunan hotel yang dipersiapkan untuk menyambut perhelatan Asian Games ke IV yang mana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Terinspirasi dari markas PBB yang megah, Ir. Soekarno kemudian meminta pada Abel Soerensen selaku arsitek markas PBB untuk membangun hotel berstandar dunia pertama di Indonesia.

Bangunan hotel yang masih ada hingga saat ini memiliki ratusan kamar hotel mewah lengkap beserta fasilitasnya. Berada di area jalan protokol ibu kota, dekat dengan patung Selamat Datang Jakarta di dekat Bundaran HI serta dekat dengan gedung perbelanjaan pusat Grand Indonesia membuat bangunan ini memiliki lokasi yang sangat strategis.

  1. Batavia Kafe

Merupakan bangunan yang pernah menjadi kantor administrasi yang digunakan oleh VOC Belanda sejak tahun 1805 yang lalu. Kafe yang terletak di area Kota Tua sehingga lokasi kafe sangat strategis dan mudah untuk ditemukan karena berada di depan museum Fatahillah.

Warna bangunan yang cukup mencolok, dengan desain bangunan bernuansa kolonial Belanda yang tambah kental terasa dengan pemilihan dekorasi kafe yang banyak terdiri dari barang antik. Lokasi kafe yang terbilang luas yaitu bisa menampung sekitar 500 pelanggan serta fasilitas yang sangat lengkap membuat pengunjung betah berada di sana.

  1. Gedung BJB Bandung

Bangunan peninggalan Belanda ini dibangun oleh seorang arsitek Belanda yang bernama Albert Frederik Aalbers dengan diberi nama De Eerste Nederlandsch Indische Spaarkas. Bangunan yang dibuat dengan sedikit desain melengkung ini membuat tampilannya terlihat luwes dan tak kaku.

Hingga saat ini gedung tua ini masih dipakai untuk bank BJB cabang Utama Bandung. Anda bisa mengunjunginya untuk melihat bagaimana desain arsitektur yang dimiliki gedung tua ini yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

  1. Lawang Sewu

Kemudian bangunan gedung tua bersejarah yang ke empat di Indonesia adalah Lawang Sewu yang kini digunakan sebagai museum PT. Kereta Api Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan saat musim liburan.

Gedung tua ini menjadi ikon utama dari kota Semarang. Didirikan oleh arsitektur Belanda yang bernama Prof. Klinkhamer, gedung tua yang diberi nama BJ Oendaag ini memiliki dua warna utama yaitu warna putih untuk bagian dinding dan warna Terakota untuk bagian atap bangunan.

Dahulunya gedung ini menjadi kantor perusahaan kereta api swasta milik Belanda ini menyimpan banyak sejarah Indonesia. Terutama menjadi saksi bisu peristiwa Pertempuran Lima Hari Semarang pada tahun 1945.

Tips Lakukan Wisata Bangunan Tua Bersejarah

Nah setelah mengetahui beberapa rekomendasi bangunan tua bersejarah yang bisa Anda kunjungi, setidaknya ketahui pula apa saja tips untuk bisa mengunjunginya supaya bisa lebih menikmati momen tersebut.

Hal yang pertama kali bisa Anda lakukan adalah untuk browsing cari informasi terlebih dahulu tentang bangunan tua bersejarah tersebut. Cari tahu apa saja keunikan, misteri, sejarah hingga rahasia yang tersimpan di dalamnya. Sehingga Anda bisa langsung melihatnya saat berada di lokasi wisata.

Kemudian setelah sampai di lokasi wisata bangunan tua bersejarah tersebut jangan lupa untuk berfoto dan mencari tahu apa saja yang bisa Anda lakukan di sana pada jasa travel Malang Surabaya.