Desain Pintu Rumah Berdasarkan Gaya Arsitektur

Memiliki rumah yang nyaman dan indah merupakan impian setiap orang. Bagian depan rumah khususnya pintu menjadi poin penting yang harus diperhatikan karena akan selalu menjadi hal pertama yang dilihat ketika melihat sebuah rumah.

Pintu terdiri dari berbagai model. Ada pintu lipat, pintu geser, pintu swing, pintu putar otomatis dan pintu rel. Pintu-pintu tersebut memiliki keistimewaannya masing-masing. Selain pintu juga terdiri dari banyak gaya.

Berbagai Desain Pintu Rumah

Di bawah ini terdapat informasi mengenai desain pintu rumah berdasarkan gaya arsitektur dan interior yang dapat menjadi gambaran Anda untuk memilih pintu yang akan memperindah rumah Anda.

  • Pintu dengan Desain Ukir

Pintu ukir dapat menjadi pilihan Anda untuk mengusung gaya antik. Pintu ini memberi kesan mewah dan bila dipadukan dengan furnitur ukiran lainnya akan menambah kesan natural pada rumah Anda.

  • Pintu dengan Desain Modern Minimalis

Pintu modern minimalis tidak memiliki banyak detail. Biasanya menggunakan elemen garis atau panel-panel kecil, dimana terkadang diberi kaca buram pada bagian pintu. Material yang digunakan berbagai macam ada yang dari kayu, pvc bahkan aluminium.

  • Pintu dengan Desain Gaya Industrial

Pintu ini memberi kesan setengah jadi. Hal itu dikarenakan desain pintu bagian utama atau tengah menggunakan kayu sedangkan bingkai pintunya biasanya terbuat dari aluminium hitam. Namun material lain dapat dipadukan untuk gaya industrial ini.

Selain itu ada beberapa konsep lain dari pintu gaya industrial ini yaitu pintu kayu yang dipadukan dengan panel kaca dan juga pintu besi dengan berbagai motif unik yang dikombinasikan menggunakan panel kaca buram.

  • Pintu dengan Desain Gaya Lipat

Pintu lipat dapat membuat tampilan rumah Anda menjadi estetik. Folding door terbuat dari berbagai bahan seperti kayu, aluminium, besi, kaca dan pvc. Pintu lipat memiliki berbagai macam model yang dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan. Ada yang model lipat 2, 3 hingga 4 lipat,

Dapat digunakan untuk menghubungkan ruangan yang ada di dalam rumah dengan taman belakang rumah Anda. Dapat pula digunakan sebagai pembatas teras ataupun pintu dapur.

  • Pintu dengan Desain Gaya Klasik

Desain pintu gaya klasik biasanya mengusung konsep menggunakan gapura sehingga terkesan mewah. Selain itu desain pintu yang melengkung dengan detail tegas juga menjadi ciri khas gaya klasik. Membuat tampilan gaya klasik pada pintu rumah juga dapat dengan memberikan warna yang menonjol dibandingkan sekelilingnya.

  • Pintu dengan Desain Geser

Desain pintu geser terdiri dari berbagai macam, namun yang paling terkenal adalah desain pintu geser ala jepang. Pintu geser ala jepang terbuat dari kayu dengan disertai panel kotak-kotak yang terbuat dari kertas. Namun Anda bisa mengganti kertas tersebut degan kaca buram atau bening.

Selain itu pintu geser adapula yang terbuat hanya dari kayu ataupun hanya dari kaca yang buram. Pintu geser yang sepenuhnya terbuat dari kayu dapat Anda gunakan sebagai pintu gudang. Sedangkan pintu geser dengan model sepenuhnya kaca buram yang tidak memiliki bingkai dapat Anda gunakan pada bagian dapur.

  • Pintu dengan Desain Gaya Modern

Pintu dengan style modern memiliki kesan simpel namun elegan. Penambahan aksen metal pada material kayu dapat membuat tampilan yang terlihat modern, sederhana namun juga terlihat berkelas.

Demikianlah desain pintu rumah dengan berbagai gaya, dari pintu ukir, pintu lipat, pintu gaya klasik maupun modern yang semoga dapat membantu Anda menentukan desain pintu rumah impian Anda.