Tips Mengurangi Suhu Panas Ruangan

Rumah merupakan tempat kalian melepaskan segala macam penat setelah seharian lelah beraktivitas di luar rumah. Namun tidak jarang acara kalian bersantai di rumah terganggu karena udara di rumah terasa sangat panas sehingga tidak jarang kalian harus selalu menghidupkan AC dan juga kipas angin.

Penyebab Suhu Ruangan Terasa Panas

Jika kalian sering menghadapi hal tersebut itu tandanya ada yang salah dengan bangunan rumah kalian. Pembangunan rumah yang diserahkan pada arsitek professional tentu saja rumah tidak akan hanya tampil estetik dan fungsional melainkan juga rumah bisa terasa lebih sejuk dan bisa hemat dalam hal energi maupun pengeluaran.

Maka dari itu, bagi kalian yang akan membeli ataupun merenovasi rumah sebaiknya masalah suhu ruang ini harus menjadi bahan pertimbangan yang penting. Kalian tentu tidak ingin bukan tiba-tiba tagihan listrik membengkak dikarenakan penggunaan pendingin ruangan.

Namun lain cerita jika sejak awal rumah kalian didesain untuk dingin dan juga sejuk tentu tidak akan ada masalah dengan tagihan listrik yang harus dibayarkan dan juga membuat kalian merasa nyaman tinggal di rumah. Selain itu mengurangi penggunaan AC juga artinya kalian ikut mencegah global warming yang saat ini semakin mengkhawatirkan.

Tips Membuat Rumah Lebih Sejuk

Jadi bagi kalian yang akan membangun ataupun merenovasi rumah sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini. Tips berikut sangat efektif membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk dan tentunya akan sangat membantu kalian untuk tinggal dengan nyaman dan mengecilkan tagihan listrik.

  • Perbanyak Bukaan

Agar suhu di dalam rumah menjadi lebih sejuk maka langkah pertama yaitu perbanyak bukaan serta ventilasi di rumah. Bukaan yang kalian buat juga tidak boleh sembarangan dan menaruhnya dimana saja, akan lebih baik jika bukaan dirancang sebaik mungkin agar nantinya sesuai dengan cross-ventilation.

Sistem cross-ventilation ini memungkinkan sirkulasi udara bisa mengalir ke luar maupun masuk ke dalam rumah dengan baik. Sangat disarankan untuk menempatkan bukaan dan juga ventilasi pada bagian selatan serta utara rumah.

Arah yang saling berhadapan diantara ventilasi maupun bukaan bisa membuat udara bergerak dengan lebih lancar. Dampaknya tentu saja pada bagian dalam rumah akan terasa tidak terlalu panas pada saat ada paparan sinar matahari di siang ataupun sore hari.

  • Gunakan Void

Salah satu cara yang bisa kalian jadikan alternatif lain yaitu menggunakan void agar rumah terasa lebih sejuk dan dingin. Void ini memiliki fungsi ganda yaitu bisa membuat rumah terasa lega dan juga mampu memperlancar sirkulasi dan juga mendistribusikan udara secara merata ke seluruh bagian rumah.

  • Meninggikan Plafon

Meninggikan plafon memiliki konsep yang serupa dengan void karena sama-sama bisa mengurangi suhu ruang bangunan. Jika bangunan rumah tidak bertingkat maka tinggikan saja plafonnya sehingga ruangan yang lebih rendah yaitu bagian dekat lantai akan terasa lebih sejuk.

Konsep ini sebenarnya sudah diterapkan terutama pada abad ke 17 hingga 19. Hal ini membuat bangunan terasa sejuk walaupun tanpa perlu menggunakan pendingin ruangan dan ini merupakan salah satu hal yang bisa dicontoh.

  • Tebalkan Dinding Bangunan

Banyak dari kalian yang tidak mengetahui bahwa ketebalan dinding sangat berpengaruh terhadap suhu ruang di dalamnya. Dinding dengan ukuran yang lebih tebal ternyata mampu memperpanjang waktu untuk transfer panas menjadi lebih lama.

Jadi dengan dinding yang lebih tebal tentu akan sangat melindungi suhu maupun temperatur yang ada pada bagian dalamnya. Maka dari itu bagian dalamnya akan terasa lebih sejuk dan ini merupakan cara yang sederhana bukan.

  • Material Bangunan

Material bangunan yang dipergunakan pada rumah juga memiliki pengaruh terhadap suhu ruangan. Material yang bisa membuat kondisi lebih dingin seperti dinding tanah ataupun dinding batu serta material lainnya.

Tidak hanya dinding saja melainkan atap dengan bahan tanah ataupun batu juga bisa membuat rumah dingin bila dibandingkan dengan penggunaan atap seng sebagai atap. Maka dari itu pilihlah material yang memiliki kemampuan untuk menyimpan panas dengan sangat baik.

  • Gunakan Elemen Air

Untuk membuat rumah lebih bernuansa dingin maka kalian perlu memasukkan elemen air di dalam rumah tersebut. Kalian bisa membangun kolam renang atau yang lebih minim budget pilih saja kolam ikan. Selain membuat rumah indah kalian juga akan merasa lebih asri.

  • Perbanyak Tanaman

Selain menambahkan elemen air maka perbanyaklah tanaman hijau baik di luar maupun di dalam rumah. Jika kalian memiliki rezeki lebih maka tidak akan ada salahnya jika membuat taman indoor dan ini akan sangat bagus tentunya. Penting diingat untuk menggunakan tanaman asli pada taman kalian agar lebih terasa nyata.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kalian praktikkan untuk membuat suhu pada bangunan rumah terasa lebih sejuk. Maka dari itu mulai saat ini ketika akan membuat ataupun merenovasi rumah jangan pernah melakukannya dengan sembarangan karena dampaknya akan kurang baik kedepannya terlebih untuk jangka waktu yang cukup lama.