Tips Mencegah Timbulnya Jamur Pada Dinding Rumah

Rumah pasti akan terlihat lebih menarik jika kalian mampu menjaga kebersihannya. Kebersihan tersebut tidak terbatas hanya pada bagian dalam rumah saja melainkan juga luar yaitu pada bagian dinding. Sebagus dan semewah apapun jika dindingnya berjamur serta lembab akan terlihat kotor dan jorok tentunya.

Dampak lain dari jamur ini selain bisa mengganggu pemandangan ternyata juga berdampak pada efek kesehatan yang sangat kurang bagus untuk penghuninya. Akan sangat disayangkan bukan, jika rumah yang dengan susah kalian bangun namun nyatanya nilainya berkurang dan membuat penghuninya kurang nyaman dikarenakan munculnya jamur.

Cara Mencegah Munculnya Jamur

Kalian pastinya pernah mendengar sebuah pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati dan hal ini berlaku juga pada masalah jamur di dinding. Maka dari itu jangan tunggu jamur datang menyerang melainkan lakukan tindakan pencegahan, adapun beberapa caranya seperti berikut ini.

  • Perbanyak Bukaan

Jamur ini muncul dikarenakan kondisi rumah yang lembab maka sangat penting untuk menciptakan suasana rumah tanpa perasaan lembab berlebihan. Maka dari itu caranya kalian hanya perlu memperbanyak bukaan dengan ukuran besar pada rumah kalian. Nantinya akses matahari akan cukup masuk ke dalam rumah dan dinding menjadi tidak lembab serta berjamur.

  • Buka Tirai Penutup Jendela

Untuk mencegah dinding rumah terkena jamur selain memperbanyak ventilasi baik itu bukaan berukuran besar maupun jendela melainkan kalian juga harus membuka tirai penutupnya terutama di siang hari. Akan sangat percuma jika bukaan yang dimiliki banyak akan tetapi bagian dalam rumah gelap serta tertutup.

Maka dari itu agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam dengan lebih maksimal maka tirai harus dibuka. Nantinya baik rumah maupun penghuninya juga akan selalu merasa sehat, jadi jangan lupa buka tirai jendela di pagi dan siang hari.

  • Jangan Jemur Pakaian Di Dalam Rumah

Dikarenakan berbagai macam alasan, tentunya beberapa dari kalian sering menjemur pakaian pada bagian dalam rumah. Jika iya maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut jika ingin dinding rumah tetap bagus dan terhindar dari jamur.

Pakaian basah yang kalian jemur dalam ruangan tadi ternyata mampu membuat kelembaban di dalam rumah menjadi lebih tinggi bila dibandingkan sebelumnya. Jika udara sangat lembab tentu akan mudah bagi jamur menempel di dinding. Maka dari itu jangan ulangi hal tersebut dan usahakan selalu menjemur pakaian di luar rumah.

  • Gunakan Pelapis Dinding

Kualitas yang dimiliki oleh pelapis dinding ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap muncul tidaknya jamur pada dinding rumah. Maka dari itu sangat penting untuk bisa memberikan finishing dinding anti air tujuannya agar dinding lebih tahan terhadap kelembaban.

Hal ini berlaku bahkan saat kalian akan melakukan dekorasi pada dinding rumah seperti pemberian padded wall atau wallpaper dan juga wallpaner. Selalu berikan cat waterproof (pelapis dinding) yang berguna sebagai base agar nantinya dinding tidak lembab serta tahan air.

  • Atasi Kebocoran Rumah

Saat kondisi sedang hujan memang salah satu masalah yang sering muncul adalah kebocoran. Hal ini tentu menjadi salah satu penyebab munculnya jamur pada dinding. Maka dari itu selalu cek bagian eksterior dan juga atap rumah untuk melihat apakah ada bagian yang butuh perbaikan atau tidak. Jika ada sebaiknya lakukan perbaikan dengan segera agar jamur tidak tumbuh.

Perhatikan juga berbagai perlengkapan elektronik di rumah apakah dipasang dengan benar atau tidak. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah pemasangan AC, jika pemasangannya tidak benar maka akan muncul kebocoran yang menimbulkan jamur.

  • Gunakan Dehumidifier

Untuk memberikan perlindungan ekstra pada ruangan maka kalian bisa menggunakan dehumidifier. Alat ini berfungsi untuk menyedot udara serta mengatur kelembaban dalam ruangan tentunya agar selalu stabil. Tidak hanya itu saja penggunaan dehumidifier juga sangat bagus untuk menjaga kondisi kesehatan penghuninya.

Cara Menghilangkan Jamur

Beberapa tips bermanfaat yang sudah disebutkan diatas sangat berguna untuk mencegah jamur pada dinding. Namun sayangnya banyak dari kalian yang sudah mengalami kondisi dinding berjamur padahal belum sempat melakukan pencegahan. Kendati demikian kalian tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur pada dinding.

Namun sebelum melakukan proses pembersihan jamur maka sangat dianjurkan menggunakan sarung tangan karet, pakaian dengan lengan panjang dan juga masker untuk menutupi mulut serta hidung. Jangan lupa juga untuk memastikan ventilasi di area pembersihan terbuka agar sirkulasi udaranya tetap lancar.

Proses pembersihan ini bisa dilakukan dengan menggunakan larutan yang dibuat dari campuran karbol dan juga air. Untuk takarannya yaitu 1:3 yaitu 1 bagian untuk karbol sedangkan 3 bagian lain untuk air. Jika di rumah tidak memiliki karbol maka bisa menggantinya menggunakan detergen dengan kandungan bahan aktif untuk pencerah kain.

Jika larutan sudah selesai kalian buat maka tempatkan pada wadah yang memiliki semprotan tujuannya tentu saja agar lebih mudah dalam proses pengaplikasiannya. Semprotkan cairan tersebut pada bagian yang berjamur.

Setelah disemprot maka kalian gosok bagian tersebut menggunakan sikat berbulu dengan tekstur bulu yang agak kaku, jika tidak ada sikat maka kalian bisa menggunakan kain yang memiliki serat agak kasar. Setelah digosok maka jangan lupa untuk dibilas dan keringkan hingga benar-benar kering.

Jadi itulah informasi mengenai cara mencegah dan menghilangkan jamur pada dinding rumah. Namun penting untuk diperhatikan disini adalah jamur bisa memicu alergi jika kalian tidak sengaja mengenai kulit maupun terhirup.

Maka dari itu jika rumah kalian sudah memiliki jamur dalam taraf yang sangat parah sebaiknya gunakan jasa professional untuk mengatasinya. Penanganan oleh professional bisa mengurangi resiko terburuk pada rumah ataupun kesehatan penghuni rumah.