Cara Mudah Buat Channel YouTube Sendiri

Salah satu platform yang sangat populer untuk menonton video adalah YouTube. Platform ini memang seakan tidak pernah kehilangan pamornya walaupun banyak aplikasi sejenis seperti TikTok yang mulai bermunculan dengan menyajikan video pendek. Kendati demikian, YouTube saat ini menghadirkan fitur bernama Shorts yang memungkinkan penggunanya bisa mengirim video pendek.

YouTube Platform Video Populer

Durasi video yang diberikan YouTube memang panjang namun karena hal itulah banyak orang yang masih menikmatinya. Durasi yang panjang tentu memungkinkan para kreator membuat video sekreatif mungkin. Bahkan hal yang membuat YouTube tidak sepi peminat adalah kalian juga bisa mendapatkan sumber penghasilan dari sana.

Platform ini merupakan milik Google dan menyediakan layanan berupa Google AdSense yang tentunya memungkinkan layanan monetisasi namun tetap harus sesuai dengan syarat yang dipenuhi. Salah satu dari bentuk layanan Google Adsense berupa iklan yang sering keluar dalam video. Jadi semakin banyak iklan yang dilihat maupun semakin sering video tersebut dilihat maka berpengaruh juga terhadap besaran penghasilan dari konten kreator.

Banyak dari kalian pastinya akan berpikir bahwa untuk membuat sebuah konten di YouTube harus memiliki video dengan kualitas gambar yang jernih dan bagus dan itu membutuhkan perlengkapan yang mahal pula. Padahal tidak perlu sampai sebegitunya karena video gambar yang jelas saja itu sudah cukup.

Membuat Dan Mengupload Video YouTube

Jangan lupa juga berikan editing sederhana sehingga pada saat menonton video kalian akan merasa tertarik. Hal ini perlu kalian dukung pula dengan pembuatan konten yang bermanfaat bagi para penontonnya. Maka dari itu bagi kalian yang ingin membuat akun dan mengupload video di YouTube ada baiknya simak informasi berikut ini.

  • Membuat Akun YouTube

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu pastikan untuk memiliki akun Google terlebih dahulu. Untuk kalian yang belum punya akun Google maka masuk saja ke aplikasi maupun situs YouTube, lalu pilih saja sign in ataupun masuk dan klik pilihan Create Google Account untuk membuat akun Google dan pastikan kalian mengikuti semua langkah-langkahnya.

Jika kalian sudah memiliki akun Google maka langsung saja masuk ke YouTube baik melalui smartphone ataupun laptop. Untuk selanjutnya klik foto profil dari akun kalian yang letaknya pada bagian sudut kanan pada situs YouTube. Nantinya akan muncul pilihan Create Channel, untuk selanjutnya ikuti panduan yang ada. Nantinya kalian akan diarahkan membuat nama channel, deskripsi channel dan juga foto profil.

  • Cara Upload Video

Setelah membuat akun maka kalian hanya perlu mengupload video dan bisa menggunakan PC. Caranya kalian klik ikon upload dan pilih upload video. Sebelum mengupload kalian bisa melakukan pengaturan privasi dan selanjutnya pilih mana video yang akan diupload. Kalian juga bisa mengupload dengan cara melakukan impor video melalui Google Foto.

Pada saat video diupload kalian bisa melakukan pengeditan informasi dasar dan juga setelan lanjutan yang digunakan untuk video tersebut. Nantinya kalian juga bisa melakukan pengaturan untuk mengirimkan notifikasi pada para subscriber ataupun tidak. Untuk ketentuan judul bisa dibuat hingga 100 karakter sedangkan deskripsi 5000 karakter, serta kalian bisa melakukan pengaturan monetisasi.

Untuk mengakhiri proses upload maka kalian klik saja publikasikan dan video akan diupload ke publik. Namun kalian juga bisa melakukan pengaturan video yaitu untuk mengatur apakah video akan dibagikan ke publik ataupun tidak. Jadi itulah cara sederhana untuk membuat akun dan melakukan upload video yang sangat mudah kalian praktikkan nanti.